Total Tayangan Halaman

Senin, 09 Januari 2017

Kampanye Antikorupsi Lewat Lagu Anak

Kampanye Antikorupsi Lewat Lagu Anak

Detail Diterbitkan pada Senin, Desember 14 2015 12:15 Dibaca: 1370

Twitter

BeritaKampanyeBerbagai cara dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menanamkan nilai integritas pada masyarakat Indonesia. Tak lain, tujuannya untuk mewujudkan mimpi besar agar negara ini terbebas dari korupsi. Beragam bentuk kampanye, masuk ke sekolah-sekolah dan kampus, sampai menggandeng banyak komunitas sudah dilakukan. Kali ini, KPK meluncurkan album lagu anak-anak sebagai bentuk kampanye selanjutnya. Peluncuran album lagu anak bertajuk "Aku Anak Jujur" ini dilakukan saat Festival Antikorupsi Bandung 2015 di Sasana Budaya Ganesha, Kota Bandung, Kamis (10/12/2015).

Dalam album yang sudah diedarkan lewat CD satu bulan ini, terdapat delapan lagu untuk konsumsi anak kecil. Delapan lagu tersebut adalah "Si Kumbi", "Kumbinesia", "Pasar Kaget", "Permen Adik", "PR Putri", "Sayap Kecil", "Anak Berani", dan "Persahabatan". Tak sembarang lagu, setiap bait lirik dari lantunan lagu-lagu tersebut mengandung pesan positif bagi anak-anak. Namun, lagu tersebut tetap ringan karena diramu dalam rangkaian kalimat yang sederhana dan mudah dicerna. Enam dari delapan lagu yang masuk dalam album ini merupakan ciptaan Wawan "Teamlo".
Contohnya dalam lagu "Pasar Kaget". Lagu ini bercerita tentang seorang anak yang ingin membeli banyak barang karena begitu ramainya pedagang di pasar kaget. Namun, orangtua anak itu mengajarkan bahwa membeli barang cukup yang diperlukan, bukan semua yang diinginkan. Melalui lagu ini, anak-anak diharapkan memiliki sikap sederhana sebagai awal dari perjalanan memerangi korupsi. Pesan positif serupa bisa ditemukan di lagu "Permen Adik". Dalam lagu tersebut, dikisahkan seorang kakak yang enggan mengambil hak orang lain, sekalipun hanya berupa permen dan milik adiknya sendiri. Sementara dalam lagu "Sayap Kecil" anak-anak diajarkan untuk bersyukur dengan apa yang dimiliki oleh diri sendiri. Pasalnya lagu ini berkisah tentang peri yang ingin memiliki sayap panjang dan lebar seperti peri lainnya. Namun, ia tidak menyadari bahwa sayap kecilnya menghadirkan kelebihan yang tak dipunyai peri lain, yaitu kecepatan terbang.
Lain halnya dengan lagu "Anak Berani". Lagu ciptaan seniman Bandung, Iman Soleh ini memberi motivasi pada anak-anak untuk berani berbuat jujur. Ayo, ayo, kita mengembara, di banyak cerita hahahaha/Anak berani tak pernah berbohong, anak jujur hidupnya bahagia/Ayolah ayo, jujur itu hebat/ demikian penggalan lirik lagu tersebut.
Wawan "Teamlo" sebagai sosok yang dominan dalam pembuatan album ini menyebut, hanya dibutuhkan waktu satu bulan untuk merampungkannya. Hal itu karena beberapa lagu sudah ada sebelum album ini direncanakan. Dia berharap, kehadiran album lagu anak "Aku Anak Jujur" bisa menginspirasi banyak anak kecil di negeri ini, sekaligus mengisi kekosongan lagu anak-anak di belantika musik tanah air.
"Mengajari anak yang usianya di atas usia SD sudah susah, apalagi mengajari orang usia kerja, sudah punya watak sendiri-sendiri. Oleh karena itu, kami membidik anak-anak saja," ucap Wawan di sela Festival Antikorupsi Bandung 2015 di Sasana Budaya Ganesha, Kota Bandung, Kamis (10/12/2015).
Sebelum album lagu ini diluncurkan, KPK sudah merilis serial beriudul "Si Kumbi" yang ditayangkan lewat Kanal KPK. Takjauh berbeda dengan lagu, cerita-cerita yang ditampilkan berisi pesan moral untuk ditanamkan dalam benak anak-anak kecil. "Awalnya karena saya sering main ke KPK sejak tiga tahun lalu, sekarang saya bangga bisa ikut serta mengampanyekan antikorupsi lewat album dan serial yang digagas KPK. Kalau kampanye ini berhasil, jelas KPK punya jasa besar buat negara, dan saya bersyukur bisa menjadi bagian di dalamnya," kata Wawan.

Sumber: Pikiran Rakyat, 14 Desember 2015

https://www.kpk.go.id/id/berita/berita-sub/3129-kampanye-antikorupsi-lewat-lagu-anak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar