Total Tayangan Halaman

Jumat, 13 Januari 2017

Membentuk Generasi Antikorupsi Sejak Dini

Membentuk Generasi Antikorupsi Sejak Dini

Detail Dibaca: 1529

Twitter

Jakarta, 31 Agustus 2016. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) percaya bahwa menumbuhkan karakter antikorupsi yang berintegritas kepada anak bisa dilakukan dengan cara yang mudah, murah dan menyenangkan. Misalnya melalui cara membacakan cerita, bermain, serta dengan menikmati musik dan budaya.

Karenanya, KPK menggelar Festival Anak Jujur 2016 pada Rabu-Kamis (31/8-1/9) di Ecovention, Ancol, Jakarta, agar karakter antikorupsi tumbuh dan berkembang pada anak sejak dini. Dalam kesempatan itu, dihadiri oleh Ketua KPK Agus Rahardjo, dan Staf Ahli Mendikbud Bidang Pembangunan Karakter, Arie Budiman.

Menurut Ketua KPK Agus Rahardjo, untuk menciptakan sebuah tatanan kehidupan yang bersih, diperlukan sebuah sistem pendidikan antikorupsi yang berisi tentang sosialisasi bentuk-bentuk korupsi, maupun cara pencegahan terhadap tindak pidana korupsi. Karenanya, “Antikorupsi sudah semestinya bukan hanya slogan semata. Nilai itu harus muncul dari jiwa yang memahami dan mempraktikkan perilaku antikorupsi dan harus dipupuk semenjak dini,” katanya.

Dengan keyakinan itu, Festival Anak Jujur ini pertama kali digelar. Dari kegiatan dua hari ini, akan diikuti oleh tiga ribu anak dari 50 Taman Kanak-Kanak dan 50 Sekolah Dasar (SD) di Jakarta. Ada tiga zona kegiatan yang diselenggarakan, yakni Zona Literasi; Zona Musik dan Budaya; serta Zona Permainan.

Zona Literasi akan menyajikan beberapa kegiatan, antara lain mendongeng, diskusi buku, eksperimen sains, membatik dan menggambar. Kegiatan tersebut dibagi dalam tiga kegiatan utama, yakni Pojok Pojok Cerita, Pojok Gambar dan Pojok Kriya.

Sementara pada Zona Bermain akan menyediakan tiga kegiatan utama, yakni Taman Bermain yang diperuntukkan bagi anak usia 4-6 tahun; Bandar Kumpul, diperuntukkan bagi anak Sekolah Dasar; dan Bale Kreasi yang akan mengajak anak-anak berkreasi membuat aneka mainan dari bahan yang mudah didapat. Sedangkan pada Zona Musik & Budaya akan menampilkan sejumlah pertunjukan seni dan budaya yang sarat akan nilai-nilai integritas.

Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

 https://www.kpk.go.id/id/berita/siaran-pers/3644-membentuk-generasi-antikorupsi-sejak-dini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar