Total Tayangan Halaman

Sabtu, 20 Juli 2019

TAK SEKEDAR MINUM KOPI

Index spectator rilis harga secangkir kopi yang paling mahal di kota dunia tahun 2018.  Mahalnya kopi bisa disebabkan berapa hal seperti termasuk kelas premium kopi.

Dikota dunia yang miliki tradisi "COFFEE TIME" memiliki kelas yang berbeda karena cara pengolahannya dilakukan dengan spesial. "Kopi disebut premium itu bukan hanya dari biji kopinya saja. Yang membuat premium itu bibitnya.

Bibit kopi kelas premium adalah bibit kopi terbaik. Bibit yang bagus ikut menentukan bagusnya kualitas biji kopi dan rasanya. Yang tak kalah penting, kopi yang dipanen harus benar-benar matang. Kopi yang belum matang akan menurunkan kualitas rasa dari kopi itu sendiri.

Pada tiga terata kota yang paling mahal kopinya, nomor wahid adalah Kota Doha dengan harga rata-rata $6.4. Menyusul diurutan kedua termahal ternyata kota di
Zurich Jerman dengan menjual minuman pahit ini dengan kisaran  $4.9. Sedangkan pada urutan ketiga ternyata ada pada kota metro bersejarah di China,
Shanghai menjual kopi termahal dengan harga $4.6.

Sedangkan untuk peringkat 10 berikut adalah nama kota yang bergengsi kualitas kopinya adalah
Moscow dengan harga $4.3, Seoul: $4.1. Paris : $4.1, London: $3.8,
Tokyo : $3.4, Berlin: $3.1,
New York: $3.1, dan
Riyadh: $3.0

Perawatan pohon dan pemberian pemberian pupuk yang bagus juga akan menentukan kualitas kopinya.

Direktur Bridge Coffee, Alvin
menjelaskan bahwa setelah kopi dipanen, tidak semua kopi bisa diolah menjadi kopi kelas premium. Hanya biji kopi terbaik yang dipilih demi menjaga agar kopi memiliki cita rasa kelas atas.

"Kopi premium itu kopi dengan grade tinggi. Jadi kopi yang jelek atau terkena penyakit tanaman harus dihilangkan sehingga jadi benar-benar premium," terangnya.

Tak cukup sampai di situ, kopi juga harus diolah dan disajikan dengan cara khusus demi menjaga rasanya. "Jadi untuk mendapatkan kopi kelas premium itu banyak sekali proses yang harus dijaga dari awal sampai akhir hingga benar-benar kopi itu disajikan," tuturnya.

Hal lain yang membedakan kopi kelas premium dan biasa adalah kemasan, karena kopi kelas premium tidak akan dikemas secara biasa. Terakhir, dari segi harga kopi kelas premium jelas jauh lebih mahal karena prosesnya yang panjang dan pengolahan yang spesial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar