Total Tayangan Halaman

Jumat, 18 Agustus 2017

Istri Muhtar Ependy Tuduh Jaksa KPK Dapat 20% dari Harta Sitaan

Rabu 26 Juli 2017, 01:52 WIB
Istri Muhtar Ependy Tuduh Jaksa KPK Dapat 20% dari Harta Sitaan
Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Istri Muhtar Ependy Tuduh Jaksa KPK Dapat 20% dari Harta Sitaan
Muhtar Ependy (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Terpidana KPK dalam kasus suap sengketa pilkada Muhtar Ependy mengaku hartanya ditahan KPK meskipun putusan Mahkamah Agung (MA) menyatakan harta miliknya tak terkait kasus korupsi. Istri Muhtar menceritakan alasan di balik penahanan harta itu.

"Saya sudah beberapa kali ke KPK mengurus harta saya. Saya selalu bertemu eksekutornya, Pak Yosep. Waktu pertama kali saya bertemu Pak Yosep, sudah beberapa kali ketemu, pernah Pak Yosep katakan, 'Masalah harta Pak Muhtar kita tak bisa. Kalau mana yang dikembalikan mana yang nggak, itu bagian saya. Masalah putusan waktu persidangan saya tidak tahu,'" ujar istri Muhtar yang tak mau menyebutkan nama.

Istri Muhtar menyampaikan hal tersebut di forum rapat dengan Pansus Hak Angket KPK di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/7/2017). Dia melanjutkan ceritanya.

"Harta Pak Muhtar masih mau dipegang jaksa, tidak dikembalikan, katanya mau ada perkara baru. Maklumlah, Bu, jaksa punya kepentingan, dia punya bagian 20 persen dari semua harta sitaan," cerita istri Muhtar menirukan ucapan Yosep kala itu.

Istri Muhtar menjelaskan pertemuan dengan Yosep itu terjadi di lantai lima ruang rapat jaksa KPK sekitar satu tahun lalu. Mendengar ucapan Yosep, dia kaget.

"Saya kaget, oh pantesan semangat banget jaksa kalau nyita karena mereka punya bagian, entah tertulis atau apa saya nggak tahu. Enak banget jadi jaksa, selain dapat gaji, dapat bagian harta sitaan," cetusnya.

Dia lalu meminta Pansus ke depan dapat mengeluarkan semacam permintaan agar harta para pejabat di KPK, termasuk jaksa KPK, diperiksa. Termasuk soal harta sitaan.

"Harus lebih banyak periksa pengeluaran mereka. Kayaknya KPK pengeluaran tak terbatas. Kira-kira masuk nggak ke kas negara," sebutnya.

Muhtar pun satu suara dengan istrinya. Dia ingin KPK juga jujur.

"Saya mohon semua harta penyidik KPK, komisioner KPK, harap diperiksa semua biar kita sama-sama jujur. Itu lebih hebat," pungkas Muhtar. (gbr/rvk)

https://m.detik.com/news/berita/d-3573814/istri-muhtar-ependy-tuduh-jaksa-kpk-dapat-20-dari-harta-sitaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar