Total Tayangan Halaman

Jumat, 16 Agustus 2019

Sudah Teruji, Sosok Polisi Dinilai Tepat Pimpin KPK


Sudah Teruji, Sosok Polisi Dinilai Tepat Pimpin KPK

Gedung baru KPK. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

   

PERISTIWA | Jumat, 16 Agustus 2019 17:16:30

Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Pengumuman hasil seleksi tahap profile assessment calon pimpinan Komisi PemberantasanKorupsi (KPK) akan diumumkan oleh panitia seleksi (Pansel) pada Jumat, 23 Agustus 2019. Pakar Komunikasi Emrus Sihombing menilai, KPK memerlukan pimpinan berlatar belakang ilmu hukum dan ekonomi yang kuat. Sehingga figur polisi dinilai tepat untuk menjadi pimpinan lembaga antirasuah tersebut.

Advertisement


"Logika itu polisi unsurnya sudah sangat tepat. Fungsi dan aktivitas dari polisi dapat diadopsi, misalnya penyelidikan dan penyidikan," ujar Emrus kepada wartawan, Jumat (16/8).
Menyinggung lolosnya 6 perwira tinggi Polri bersama 34 capim lainnya dalam tahapan seleksi Pansel Capim KPK, menurut Emrus telah melalui tahapan seleksi yang ketat dan objektivitas yang teruji. Pansel Capim KPK telah bekerja dengan baik dan independen.
"Siapapun yang lolos adalah atas dasar profesionalisme dan kriteria yang ditetapkan. Pansel menurut saya berjalan independen dan objektif," terangnya.
Emrus mengaku optimistis bahwa banyak sosok idealis yang lahir dari unsur Polri dan juga Kejaksaan. Contoh, banyak dari polisi sebelum pimpin KPK rekam jejaknya bagus.
"Mereka kan sudah melalui tahapan-tahapan ketat untuk menjadi jenderal. Mereka pasti sudah teruji dalam hal penyelidikan dan penyidikan. Dan kemampuan mereka dibutuhkan untuk menjadi komisioner KPK," tegasnya.
Ke depan Emrus berharap pimpinan KPK juga harus mengedepankan aspek pencegahan ketimbang penindakan. Sehingga tidak hanya aspek penindakan saja yang perlu diperhatikan, melainkan juga seleksi mengenai kemampuan aspek pencegahan. "Kemampuan pencegahan jauh lebih baik," pungkasnya.
Enam perwira tinggi Polri sementara lolos tahapan seleksi Pansel Capim KPK adalah:
1. Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Irjen Antam Novambar
2. Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bauri
3. Karo Renmin Bareskrim Mabes Polri Irjen Dharma Pongrekun
4. Analis Kebijakan Utama Bidang Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Lemdiklat Polri Irjen Juansih
5. Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani
6. Mantan Kapolda Sumatera Barat Brigjen Bambang Sri Herwanto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar