Total Tayangan Halaman

Rabu, 14 Agustus 2019

Menulis untuk Perangkat Mobile

Menulis untuk Perangkat Mobile


Masih tips dari BBC, berikut ini cara menulis berita untuk tablet dan telepon genggam agar ramah seluler (mobile-friendly). Banyak –mungkin kebanyakan– pembaca mengakses berita melalui telepon genggam.


Berita harus menarik dan mudah dibaca untuk semua ukuran layar dari perangkat bergerak (mobile) yang dipakai oleh pengguna.1. Judul BeritaJudul juga harus bisa dilacak oleh mesin pencari dan karenanya kata-kata penting atau kata-kata kunci harus ada dalam judul berita.
Judul berita harus faktual dan mencerminkan isi berita. Kalau tidak, maka akan sama saja dengan click bait (jebakan klik).
Baca Juga: Jurnalisme Umpan Klik 
2. Teras Berita (Lead)
Yang kedua terkait dengan kalimat awal. Ini penting karena bagian ini akan menentukan apakah pengunjung akan meneruskan mambaca atau akan beralih ke tempat lain. Oleh karena itu, fakta-fakta penting atau yang menarik ada di bagian ini.
Setelah kalimat pertama, yang perlu juga diperhatikan adalah empat paragraf awal. Fakta-fakta dasar dari berita harus ada di empat paragraf awal ini, seperti siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana.
Baca: Unsur Berita 5W+1H
3. Panjang Tulisan
Untuk berita yang dikhususkan untuk tablet dan seluler (peranti bergerak), idealnya antara 150-500 kata, meskipun 500 kata pun itu akan terlihat panjang di layar telepon genggam.
Hanya berita atau tulisan kompleks yang biasanya  lebih dari 600 kata.
4. Paragraf Pendek
Gunakan alinea pendek, maksimal lima baris per alinea. Ssatu paragraf yang terdiri atas empat baris di desktop akan menjadi tujuh atau delapan baris di layar telepon genggam.
5. Format Berita
Perlu dipertimbangkan juga penjelasan (explainer) dan tanya jawab ringkas, sekitar lima hingga enam pertanyaan dengan jawaban yang  singkat tapi tuntas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar