Total Tayangan Halaman

Rabu, 14 Agustus 2019

Cara Menulis di Media Online

Cara Menulis di Media Online


Berikut ini tips menulis untuk media online agar tulisan kita “ramah pengguna” (user friendly) –mudah dipindai (scannable) mudah dibaca (readable), dan mudah diapahami.

Tips ini berlaku untuk menulis konten website, posting blog, status panjang di media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dll.), juga menulis pesan panjang di aplikasi pesan WhatsApp (WA).


1. Rata Kiri 


Gunakan rata kiri (align left). Hindari rata kiri-kanan (justify) karena teks align left lebih mudah dipiandai, dibaca, dan dipahami ketimbang justified.


SelengkapnyaGunakan Rata Kiri


2. Alinea Pendek.


Gunakan paragraf pendek (short paragraph) dan kalimt pendek. Pembaca akan sulit memahahami alinea dan kalimat panjang di layar.

Patokannya: tampilkan 2-3 kalaimat per alinea dan maksimal lima baris per alinea. (Lihat: Paragraph Length for the Web).

Penggunan alinea/kalimat pendek juga menunjang tips menulis di Media Online yang ketiga di bawah ini.


3. Jarak Antar-Alinea


Berikan “ruang putih” (white space) Gunakan jarak antar-alinea. Perhatikan gambar di tips no. 1 di atas. Teks yang mudah dipindai memberi ruang atau jarak antar alinea.

Perhatikan pula format teks berita BBC Indonesiaberikut ini yang enak dipindai, dibaca, dan mudah dipahami.



4. Gunakan List


Tuliskan poin-poin penting dalam daftar bullet atau nomor (numbered list). Dalam studi NN Group, bulleted & numbered listmemiliki skor tingkat keterbacaan hingga 124 persen.



5. Highlights


Beri penanda khusus (highlights) untuk kata kunci artau frasa penting, misalnya dengan warna, huruf tebal (bold), miring (italic), selain bullet & number list.


6. Foto & Video


Ciri khas media online adalah multimedia –bisa menyertakan foto dan video untuk melengkapi teks, bahkan hanya foto dan video tanpa teks (kecuali caption) jika perlu.

Lakukan pengotimalan gambar (SEO Image) berikut ini:


Nama File: Pastkan nama file gambar mengandung kata kunci atau sesuai dengan topik berita. Kata per kata dipisahkan dengan tanda hubung. Misalnya: cara-menulis-media-online.jpg


Ukuran: Pastikan ukuran foto (gambar/image) maksimal sesuai dengan ukuran lebar text area single posting –biasanya ukuran lebar 640 pixel. Anda bisa edit gambar menggunakan Microsoft Office Picture Manager.


Alt Text: Pastikan Anda mengisi kolom alternative text (alt text) yang muncul begitu gambar berhasil diunggah. Untuk WordPress ada di sidebar kanan. Untuk Blogger ada di Properties (klik gambarnya sekali usai diunggah).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar